Profesi Bidang Sistem Informasi

Posting Komentar

Berikut adalah berbagai macam karir di bidang sistem informasi. Semoga materi ini dapat membantu kalian.

PENGERTIAN

Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritma, data, dan teknologi.

PROFESI SISTEM INFORMASI

Profesi untuk Teknologi Informasi dibagi menjadi tiga bidang yaitu Software, Hardware, dan Brainware.

Bidang Software, adalah mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak, baik mereka yang merancang sistem operasi, database maupun sistem aplikasi. Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :
  • Sistem analis, merupakan orang yang bertugas menganalisa sistem dan yang akan di implementasikan, mulai dari menganalisa sistem yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain sistem yang akan dikembangkan.  
  • Programmer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan system analis, yaitu membuat program (baik aplikasi maupun system operasi) sesuai sistem yang dianalisa sebelumnya.   
  • Web designer, merupakan orang yang melakukan kegiatan perencanaan, termasuk studi kelayakan, analisis dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.    
  • Web programmer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer, yaitu membuat program berbasis web sesuai desain yang telah dirancang sebelumnya.    

Bidang Hardware, adalah mereka yang bergelut di bidang perangkat keras. Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti: 
  • Technical engineer, sering juga disebut teknisi, yaitu orang yang berkecimpung dalam bidang teknik, baik pemeliharaan maupun perbaikan perangkat sistem komputer.  
  • Networking engineer, adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan komputer dari maintenance sampai troubleshooting-nya.
  • Bidang Brainware, adalah mereka yang berkecimpung dalam operasional sistem informasi.
  • EDP operator, adalah orang yang bertugas mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan electronic data processing dalam lingkungan sebuah perusahaan atau organisasi lainnya. 
  • Sistem administrator, merupakan orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap sistem, memiliki kewenangan menggunakan hak akses terhadap sistem, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan peraturan operasional sebuah sistem.


Berikut ini adalah beberapa profesi yang dapat diambil dalam sistem informasi :
  1. Analis sistem
  2. Web designer
  3. System administrator
  4. Application Developer
  5. Database Analyst
  6. IS Project
  7. Project Leader
  8. E-Business Analyst
  9. Helpdesk Analyst
  10. System Programmer / Software Engineer
  11. Web programmer
  12. Business Process Analyst
  13. Database Administrator
  14. Auditor Sistem Informasi
  15. Webmaster
  16. ERP Specialist
  17. Web Content Specialist
  18. Operation Manager



Rizsa Faozsiyah
Hallo, soal yang ada di blog ini dapat kalian download secara gratis dan mudah pada link yang tersedia, enjoy and happy reading!

Posting Komentar