Kali ini penulis akan membagikan soal uas bahasa indonesia kelas 10 semester 2 tentang puisi untuk dapat kalian pelajari untuk menghadapi ujian nanti. Karena biasanya soal bahasa indonesia kelas 10 semester yang akan diujikan tidak jauh berbeda dengan soal tahun sebelumnya. Soal uas bahasa indonesia kelas 10 semester 2 ini belum dilengkapi beserta kunci jawaban. Semoga soal bahasa indonesia kelas 10 semester 2 ini dapat bermanfaat. Selamat belajar! Tetap semangat! Jangan lupa cek soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 10 beserta jawabannya semester 1 serta soal uas bahasa indonesia kelas 11 semester 1 lainnya!
Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 2
I. Pilih salah satu jawaban diantara a, b, c, d dan e yang dianggap paling benar !
Teks berikut untuk soal nomor 1-4, bacalah teks berikut dengan seksama!
Anak-anak yang terlalu banyak menonton telivisi menurut riset yang dilakukan Columbia University of Pshysicians and Surgeons di New York, Amerika Serikat, menjadi terbiasa pada gambar-gambar visual yang bergerak cepat. Itu akan mengakibatkan anak-anak menjadi bosan terhadap kegiatan-kegiatan seperti membaca dan mendengarkan, terutama di sekolah. Otak mereka menjadi tidak terbiasa berkonsentrasi karena umunnya gambar-gambar yang ditayangkan di televisi tidak membutuhkan konsentrasi intelektual.
Akibatnya, anak-anak yang terlalu banyak menonton televisi memiliki masalah-masalah, seperti benci sekolah dan kesulitan mengerjakan pekerjaan rumah. Akibat jangka panjangnya cukup mengkhawatirkan. Seperti disebut dalam Guardian.co.uk., anak-anak yang tidak terbiasa berkonsentrasi pada kegiatan belajar karena terlalu sering menonton televisi cemderung tidak ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi
1. Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah . . .
a. Mengapa Columbia University melakukan riset terhadap anak yang menonton televisi?
b. Kapankah dilakukan penelitian tentang anak-anak yang sering menonton televisi?
c. Mengapa anak yang terlalu banyak menonton televisi tidak terbiasa berkonsentrasi?
d. Faktor-faktor apa saja yang membuat anak-anak terlalu banyak menonoton televisi?
e. Siapakah yang meneliti anak-anak Amerika yang terlalu banyak menonton televisi?
2. Mengapa anak yang terlalu banyak menonton televisi kurang suka membaca?
Jawaban pertanyaan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah . . .
a. Semua anak suka melihat gambar-gambar visual yang tidak membutuhkan konsentrasi belajar.
b. Semua otak anak tidak terbiasa berkonsentrasi pada kegiatan belajar dan lebih senang melihat tayangan visual.
c. Mereka malas berkonsetrasi untuk mengerjakan pekerjaan rumah karena terbiasa menonton telivisi.
d. Anak tersebut sudah terbiasa dengan gambar-gambar visual yang bergerak cepat dan tidak membutuhkan konsentrasi intelektual.
e. Otak mereka senang berkonsetrasi pada gambar-gambar yang ditayangkan di televisi dan tidak membutuhkan konsentrasi intelektual.
3. Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah . . .
a. Anak yang terbiasa berkonsentrasi intelektual disebabkan oleh seringnya menonton televisi.
b. Sangat banyak anak yang terpengaruh oleh gambar visual yang bergerak cepat yang ditayangkan telivisi.
c. Anak yang terlalu sering menonton telivisi cenderung ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi.
d. Salah satu masalah pada anak yang terbiasa menonton telivisi adalah merasa kesulitan mengerjakan pekerjaan rumah.
e. Anak yang tidak bisa berkonsentrasi sulit memahami tayangan telivisi.
4. Simpulan isi kedua paragraf tersebut adalah . . .
a. Anak yang terlalu banyak menonton telivisi akan mengalami kesulitan belajar.
b. Media telivisi berpengaruh positif terhadap kegiatan pembelajaran anak.
c. Anak yang sering menonton telivisi cenderung tidak melanjutkan pendidikannya.
d. Media telivisi membuat anak malas membaca dan mendengarkan terutama di sekolah.
e. Anak yang terlalu banyak menonton telivis memiliki resiko tidak melanjutkan sekolah.
5. Proses pembangunan tidak saja menumbuhkan nilai-nilai kemanusiaan, tetapi juga menimbulkan banyak masalah baru.
Kalimat di atas menggunakan gaya bahasa . . .
a. Personifikasi
b. metafora
c. metonimia
d. hiperbola
e. ironi
6. Sanksi dikenakan pada lembaga penyiaran daripada produk di mana disiarkan atau ditayangkan.
Perbaikan struktur kalimat tersebut yang tepat adalah . . .
a. Sanksi di mana dikenakan buat lembaga penyiaran yang mana produk disiarkan atau ditayangkan.
b. Sanksi dikenakan pada lembaga penyiaran atas produk yang mana disiarkan atau ditayangkan.
c. Sanksi dikenakannya pada lembaga penyiaran atas produk yang mana disiarkan atau ditayangkan.
d. Sanksi dikenakan pada lembaga pernyiaran atas produk yang disiarkan atau ditayangkan.
e. Sanksi dikenakan buat lembaga daripada penyiaran atas produk yang disiarkan atau ditayangkan.
7. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
(1) Pemandangan di Pantai Putri membuat siapa saja merasa tentram. (2) Tampak pasir putih,ombak yang tenang, serta laut yang biru. (3) Tak heran banyak orang yang bergerak berjalan-jalan ke tengah pantai. (4) Demikian juga sejumlah pemuda bersenda gurau berenang di pantai itu. (5) Tiba-tiba ada yang berteriak Hiu! (6) Sejumlah pemuda itu tadi lari ke sana ke mari.
Kalimat yang sumbang terdapat pada kalimat nomor . . .
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
8. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Seorang anak, wajahnya cantik, umurnya kira-kira lima belas tahun. Ia sedang duduk di SMA kelas X. gadis itu sedikit nakal, suka mengambil uang temannya. Ternyata setelah ditanya, memang benar gadis itu pelakunya.
Sebutan yang tepat untuk gadis itu adalah . . .
a. bertangan panjang
b. tangan kanan panjang
c. anak yang panjang tangan
d. membawa buah tangan
e. bertangan dingin
9.Kelima rangkaian kata berikut dapat disusun menjadi satu kalimat.
(1) setelah sekian lama
(2) dirindukan masyarakat local
(3) isu otonomi daerah
(4) yang mendambakan keadilan, pemerataan, kesejahteraan, kemakmuran daerah
(5) akhirnya direspon juga
Urutan-urutan penggalan kalimat yang runtut adalah . . .
a. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)
b. (5)-(3)-(1)-(2)-(4)
c. (5)-(1)-(3)-(2)-(4)
d. (3)-(5)-(1)-(2)-(4)
d. (1)-(2)-(4)-(3)-(5)
10. Masyarakat pariwisata Kaliurang menyusun . . . untuk menyakinkan wisatawan bahwa Yogyakarta dan Gunung Merapi aman dikunjungi. Kelompok kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah . . .
a. kegiatan wisata
b. rencana kunjungan
c. kertas kerja
d. program pemulihan
e. jadwal acara
11. Kita tidak . . . beratnya sanksi bagi pelanggar . . . lalu lintas karena hal itu . . . bukan
merupakan sumber masalah. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah . . .
a. dipersoalkan, pengaturan, pembenarannya
b. mempersoal, pengaturan, kebenarannya
c. mempersoali, peraturan, dibenarkannya
d. mempersoalkan, peraturan, sebenarnya
e. mepersoalkan, peraturan, sebenar-benaranya
12.Sebuah sekolah dasar di kaki Gunung Pangrango, Jawa Barat, pada saat jam istirahat anak-anak ramai bermain-main. Pak guru berdiri lesu sambil melamun di muka kelas memikirkan beban hidupnya yang harus dipikulnya. Tiba-tiba . . .
Majas yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . .
a. Bruk! Bruk! Bangunan sekolah itu runtuh karena sudah lapuk dimakan usia.
b. Angin ribut memporakporandakan bangunan sekolah tersebut sampai rata dengan tanah.
c. Suara jeritan para siswa terdengar keras karena ada salah satu seorang temannya yang
terjerumus masuk jurang.
d. Suara anjing menggonggong membuyarkan semua pikiran dan lamunannya.
e. Terdengar bisikan angi yang lembut membangkitkan semangat.
13. Para fisikawan yang berasal dari 11 institusi dari Amerika Serikat, Rusia, Jepang, dan Jerman yang tergabung dalam kolaborasi Muon di Laboratorium Nasional Brookhaven, New York, pada bulan Febuari 2011 lalu mengumumkan temuan baru yang sangat boleh jadi akan menjadi tonggak baru dalam fisika partikel.
Unsur inti kalimat tersebut adalah . . .
a. para fisikawan, mengumumkan , temuan baru , fisika partikel
b. para fisikawan ,kolaborasi Muon, temuan baru
c. para fisikawan, temuan bar4u, fisika partikel
e. para fisikawan, menemukan, fisika partikel
14. Dasar-dasar yang harus diperhatikan dalam penulisan kritik sebuah puisi tertera di bawah ini, kecuali . . .
a. memahami teori sastra secara luas
b. memahami perkembangan sejarah sastra
c. dapat menilai puisi yang akan dikritik secara objektif
d. menguasai puisi yang akan dikitrik
e. dapat menyusun puisi dengan baik
Paragraf berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 15 dan 16.
Karena pengaruh globalisasi dan tuntutan kehidupan, masyarakat akan mengalami pergeseran apresiasi dan cara pandang terhadap berbagai aspek kehidupan. Berbagai aspek kehidupan itu sendiri juga mengalami perubahan-perubahan yang berarti. Untuk menjelaskan bagaimana pendidikan masa depan harus dilaksanakan berbagai tuntutan, kebutuhan, dan fenomena yang terjadi dalam masyarakat perlu dicermati secara seksama. Berbagai tuntutan itulah nantinya akan memaksa dunia pendidikan untuk berbenah diri. Dunia kerja, misalnya dapat dipastikan akan menuju kepada spesialisasi dan profesionalisasi.
Sementara itu, ada pergeseran apresiasi masyarakat terhadap nilai-nilai kehidupan sehingga masyarakat menjadi longgar terhadapa prilaku yang kurang lazim dalam budaya Indonesia, misalnya mencium pipi antara dua insan yang berlainan jenis di muka umum, pergaulan bebas antara remaja. Itu semua menjurus kepada penyimpangan norma agama.
15. Kutipan di atas menyatakan . . .
a. Fakta
b. pendapat
c. analisis
d. pembuktian
e. deskripsi
16. Kutipan tersebut mempersoalkan masalah . . .
a. pergeseran norma agama
b.perilaku masyarakat Indonesia masa kini
c. perubahan pandangan hidup terhadap berbagai aspek kehidupan
d. perubahan pendidikan masa depan
e. pengaruh globalisasi terhadap budaya Indonesia
17. Kemilau mutiara telah membiaskan dolar dan dolar telah menyebabkan hutan-hutan bakau di Kepulauan Aru punah dibabat. Tak syak lagi tangan jahil ada di mana-mana dan Aru terletak di pojok tenggara Provinsi Maluku itu gundul karenanya.
Inti permasalahan yang tersirat dalam penggalan berita di atas adalah . . .
a. Kerang mutiara dapat menghasilkan dolar.
b. Akibat pencarian mutiara hutan bakau di Kepulauan Aru punah dibabat.
c. Hutan-hutan bakau di Kepulauan Aru punah dibabat.
d. Akibat pengembanganbiakan kerang mutiara hutan bakau di Kepulauan Aru dibabat.
e. Akibat tangan-tangan jahil hutan bakau di Kepulauan Aru punah dibabat.
18. Kata yang bersinonim terdapat pada kalimat . . .
a. Ia tidak melewati jalan besar itu melainkan menyusuri lorong di kampung itu.
b. Baik laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda turut merayakan hari Kemerdekaan RI
c. Bisa ular bisa mematikan orang dalam sekejap mata.
d. Kepala stasiun itu menyandarkan kepalanya di sandaran kursi malasnya.
e. Mereka tidak tahu di mana tempat orang membuat tahu.
19. Kalimat di bawah ini yang termasuk bagian naskah berita adalah . . .
a. Tanggal 26 Desember 2004 Aceh dilanda bencana gempa dan tsunami.
b. Semoga bangsa Indonesia cepat keluar dari krisis ekonomi yang berkepanjangan.
c. Tolong buat naskah pidato dalam rangka menyambut sumpah pemuda!
d. Marilah kita galang rasa persatuan dan kesatuan demi keutuhan bangsa.
e. Setiap malam tahun baru, kita harus mengintrospeksi diri.
20. Pembaca selalu ingin dapat membaca dengan tenang, bebas, dan leluasa. Ia ingin berdirikari, berpikir sendiri, menimbang-nimbang sendiri, dan akhirnya menilai sendiri.
Kalimat kedua memperlihatkan kepaduan yang dinyataka oleh . . .
a. pengulangan kata
b. pemakaian kata ganti orang
c. pengulangan kelompok kata
d. pemakaian kata ganti penunjuk
e. pemakaian kata ganti milik
Posting Komentar
Posting Komentar