Kali ini penulis akan membagikan soal ips kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 untuk dapat kalian pelajari untuk menghadapi ujian nanti. Karena biasanya kisi-kisi soal uas ips kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 yang akan diujikan tidak jauh berbeda dengan soal tahun sebelumnya. Soal ips kelas 8 semester 1 ini belum dilengkapi beserta kunci jawaban. Apabila ada yang ingin memberikan masukan untuk kunci jawaban silahkan share di kolom komentar. Semoga soal ips kelas 8 semester 1 ini dapat bermanfaat. Selamat belajar! Tetap semangat! Jangan lupa cek soal ips kelas 8 semester 2 online lainnya!
Soal UAS IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013
1.Berikut ini yang merupakan dampak atau pengaruh dari letak geografis Indonesia adalah ....
a. Memiliki isik laut basah
b.Dilalui angin fohn
c.Memiliki tiga daerah waktu
d.Memiliki beraneka ragam budaya
2.Letak Astronomis Indonesia adalah ....
a.60LU – 110LU dan 94 0 BT -1410BT
b.60LU – 110LS dan 95 0 BT -1410BT
c.60LS – 110LS dan 94 0 BT -1410BT
d.60LS – 110LU dan 94 0 BT -1410BT
3.Secara astronomis wilayah Indonesia terletak yaitu ....
a.6 0LU-11 0LS
b.Samudera Atlantik dan Pasifik
c.Samudera Atlantik dan Arktik
d.Samudera Hindia dan Pasifik
4.Manakah daerah yang berada di waktu Indonesia bagian timur adalah ....
a.Sumatera,Jawa,Bali
b.Nabire, Wamena, Raja Ampat
c.Bali Lombok, dan Flores
d.Sulawesi,Kalimantan, Halmahera
5.Faktor utama penyebab musim kemarau di Indonesia adalah ....
a.Muson barat
b.Muson timur
c.Pasat
d.Anti pasat
6.Garis batas apakah yang membedakan daerah waktu di Indonesia….
a.Bujur
b.Wallacea
c.Webber
d.Astronomis
7.Dibawah ini yang termasuk permasalahan kependudukan dalam bidang sumber daya manusia adalah ....
a.Migrasi, pendapatan, dan pertumbuhan penduduk
b.Pertumbuhan penduduk, kesehatan penduduk, pendidikan penduduk
c.Pendidikan dan keluarga berencana
d.Perkawinan, kematian, dan kemiskinan
8.Program pemerintah dalam mengatasi masalah pertumbuhan penduduk salah satunya adalah ....
a. Sensus penduduk
b.Program Keluarga Berencana (KB)
c.Pelayanan kesehatan gratis bagi penduduk miskin
d.Program PNPM Mandiri pemerintah
9.Salah satu cara mengatasi tingkat pendidikan yang rendah yaitu dengan cara ....
a.Program Transmigrasi di wilayah yang sehat
b.Pembangunan fasilitas kesehatan seperti Pusat Kesehatan Masyarakat
c.Penyediaan program pelatihan bagi para pengajar dan pencari kerja
d.Memperkukuh ketahanan nasional dan internasional
10.Dalam usaha memeratakan penduduk, maka diselesaikan dengan cara ...
a.Program wajib belajar
b.Program Transmigrasi
c.Sensus penduduk
d.Memperkukuh ketahanan nasional
11.Dari fenomena kependudukan berikut ini, manakah yang ada kaitanya dengan dependency ratio ....
a.Banyaknya penduduk dengan rendahnya kualitas SDM
b.Angka harapan hidup yang rendah
c.Banyaknya tingkat kelahiran dan anak-anak gizi buruk
d.Kualitas SDM yang memadai
12.Berikut ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan masyarakat bisa melalui kegiatan.....
a.Menggalakkan Posyandu di setiap RW
b.Memasyarakatkan olah raga
c.Menumbuhkan kesadaran kebersihan lingkungan
d.Memberikan penyuluhan kesehatan lingkungan
13.Perjanjian apakah yang membuat Inggris kembali Indonesia kepada Belanda ….
a.Konvensi Wina
b.Konvensi London
c.Kongresi Wina
d.Rekapitulasi
14.Apakah dampak positif cultuut stelsel terhadap kehidupan rakyat Indonesia …...
a. Dikenalkan pasar
b.Semakin penuhnya kas pemerintah kolonial
c.Meningkatnya kesejahteraan rakyat
d.Dikenalnya jenis tanaman baru
15.Perihal apakah yang melatar belakangi terjadinya perang Padri adalah ....
a.Perebutan pengaruh antara Belanda dan Inggris atas wilayah Sumatra
b.Pembuatan benteng Ford de Kock di Bukittinggi
c.Pembuangan Sentot Ali Basyah Prawirodirjo ke Sumatra Barat
d.Konflik antara kaum adat dan kaum Padri menyangkut tradisi
16.Dengan cara bagaimanakah VOC berusaha untuk mempersempit ruang gerak dan mobilitas Pangeran Diponegoro dan prajuritnya adalah ....
a. Cultuur-stelsel
b.Preanger stelsel
c.Benteng stelsel
d.Devide et impera
17.Manakah dari aktifitas berikut ini yang merupakan jenis perilaku menyimpang adalah …
a.Alkoholisme
b.Penyelidikan narkotika
c.Band rock
d.Balapan motor
18.Perbuatan yang dilakukan oleh para pelaku penyimpangan sosial negatif biasanya bersifat....
a. Luhur,baik dan terpuji
b.Aneh,mengada-ada dan lucu
c.Hina,rendah dan tercela
d.Biasa,umum dan diterima warga
19.Apakah pelajaran sosial yang di dapat masyarakat dengan adanya peristiwa perkelahian antar pelajar…
a.Meningkatnya pengawasan oleh guru
b.Terganggunya lingkungan masyarakat
c.Pembatasan kegiatan belajar siswa
d.Semakin ketatnya disiplin sekolah
20.Nakah lembaga yang tidak memiliki peran dalam mencegah penyimpangan sosial dalam masyarakat yaitu....
a.Kepolisian
b.Dinas kesehatan
c.kehakiman
d.kejaksaan
Posting Komentar
Posting Komentar