Soal UTS PKN Kelas 8 Semester 2 dan Kunci jawaban

Posting Komentar
Berikut adalah soal uts pkn kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban kurikulum 2013 yang dapat kalian download file soal nya secara lengkap dengan klik link di bawah ini!



Kali ini penulis akan membagikan soal uts pkn kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban kurikulum 2013 untuk dapat kalian pelajari untuk menghadapi ujian nanti. Karena biasanya soal uas pkn kelas 8 semester 2 yang akan diujikan tidak jauh berbeda dengan soal tahun sebelumnya. Soal pts pkn kelas 8 semester 2 ini sudah dilengkapi beserta kunci jawaban. Semoga soal pkn kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban kurikulum 2013 ini dapat bermanfaat. Selamat belajar! Tetap semangat! Jangan lupa cek soal uts pkn kelas 8 semester 1 dan kunci jawaban kurikulum 2013 lainnya!

Soal UTS PKN Kelas 8 Semester 2 dan Kunci jawaban
(Kunci jawaban ditandai dengan huruf tebal, untuk file secara lengkap silahkan download pada link yang tersedia)

1.Yang menyebabkan negara-negara di Eropa melakukanekspedisi untuk mencari sumber-sumber ekonomi baru ke seluruh dunia pada abad ke-15 adalah:
A.Mencari daerah baru untuk dikuasai
B.Melakukan perdagagan dengan belahan dunia yang lain
C.Rusaknya ekonomi Eropa akibat peperangan dan berkembangnya teknologi pelayaran
D.Alasan rekreasi

2.Awal dimulainya penjajahan Belanda di Indonesia dimulai sejak didirikannya Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) pada tanggal
A.20 Mei 1605
B.27 Juli 1602
C.20 Maret 1602
D.14 Februari 1602

3.Di berbagai daerah, VOC melakukan tindakan dengan melaksanakan politik devide et impera. Pengertian politik devide et impera yaitu
A.Politik balas budi
B.Politik tebang pilih
C.Politik adu domba
D.Politik etis

4.Upaya kerja paksa (rodi) guna membangun jalan sepanjang pulau Jawa (Anyer- Panarukan) untuk kepentingan militer, membuat rakyat makin menderita dilakukan pada saat Gubernur Jenderal
A.Van Den Bosch
B.Daendels
C.Van Deventer
D.Baron Van Houvell

5.Sistem Tanam Paksa mewajibkan rakyat menanami sebagian dari sawah dan atau ladangnya dengan tanaman yang ditentukan oleh pemerintah dan hasilnya diserahkan kepada pemerintah. Sistem tanam paksa ini disebut juga dengan
A.Kerja rodi
B.Cultuurstelsel
C.Devide et impera
D.Politik etis

6.Penderitaan bangsa Indonesia menumbuhkan benih perlawanan di berbagai daerah. Perjuangan melawan penjajah dipimpin ulama atau kaum bangsawan. Salah satu pahlawan yang bernama Sultan Hasanuddin berasal dari
A.Sulawesi Selatan
B.Maluku
C.Goa
D.Lombok

7.Penderitaan yang dialami bangsa Indonesia menyadarkan beberapa orang Belanda yang tinggal atau pernah tinggal di Indonesia. Berikut merupakan yang bukan salah satu dari mereka
A.Baron van Houvell
B.Van Deventer
C.Douwes Dekker
D.Van Den Bosch

8.Buku yang menggambarkan bagaimana penderitaan rakyat Lebak, Banten akibat penjajahan Belanda ditulis oleh:
A.Multatuli
B.Van den Bosch
C.Van Deventer
D.Daendels

9.Pengusul Politik Balas Budi adalah
A.Multatuli
B.Van Den Bosch
C.Van Deventer
D.Daendels

10.Berikut yang bukan merupakan program dari Politik Etis adalah
A.Transmigrasi
B.Edukasi
C.Irigasi
D.Vaksinasi

11.Tokoh-tokoh Kebangkitan Nasional muncul karena program Politik Etis atau Politik Balas Budi yaitu
A.Transmigrasi
B.Edukasi
C.Irigasi
D.Vaksinasi

12.Yang merupakan organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional berbentuk modern, yaitu organisasi dengan pengurus yang tetap, ada anggota, tujuan, dan program kerja adalah Boedi Oetomo yang didirikan oleh:
A.Dr. Soetomo
B.Himpunan Mahasiswa STOVIA
C.Van Deventer
D.Tirto Adi Soerjo

13.Boedi Oetomo pada awalnya bergerak di bidang

A.Social
B.Keagamaan
C.Politik
D.Perlawanan fisik terhadap penjajah Belanda

14.Pada akhirnya, Boedi Oetomo secara tersirat mengembangkan program untuk

A.Kemerdekaan bangsa
B.Perlawanan terhadap penjajah
C.Kehormatan bangsa
D.Keadilan sosial

15.Berikut yang bukan merupakan tahap-tahap pembinaan persatuan bangsa Indonesia adalah

A.Perasaan marah terhadap penjajah
B.Perasaan senasib
C.Kebangkitan nasional
D.Sumpah pemuda

16.Bentuk Negara Indonesia adalah

A.Monarki
B.Federal
C.Negara kesatuan
D.Negara merdeka

17.Berikut yang bukan merupakan contoh nilai religius yang mestinya dimiliki oleh bangsa Indonesia:

A.Percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
B.Hormat dan menghormati serta bekerja sama antara pemeluk agama dan penganut-penganut kepercayaan yang berbeda-beda sehingga  terbina kerukunan hidup.
C.Tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaan kepada orang lain
D.Berani membela kebenaran dan keadilan

Kedaulatan berada di tangan rakyat, berarti setiap warga negara memiliki kebebasan yang bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pemerintahan sehingga dapat terwujud persatuan dan kesatuan Indonesia. 
18.Hal tersebut merupakan perwujudan dari nilai:
A.Kesamaan derajat
B.Demokrasi
C.Produktivitas
D.Keseimbangan

Setiap warga negara memiliki hak, kewajiban, dan kedudukan yang sama di depan hukum. Masyarakat menilai bahwa upaya penegakkan HAM yang paling menonjol adalah penegakan hak mengeluarkan pendapat, kebebasan beragama, perlindungan dan kepastian hukum, serta bebas dari perlakuan tidak manusiawi. Hak untuk mendapatkan kehidupan yang layak, mendapatkan pendidikan dan pelayanan kesehatan, serta aman dari ancaman ketakutan.
19.Hal tersebut merupakan perwujudan dari nilai ….
A.Kesamaan derajat
B.Demokrasi
C.Produktivitas
D.Keseimbangan

a. Perlindungan terhadap masyarakat dalam beraktivitas me nuju kemakmuran.
b.Sarana dan prasarana yang mampu mendorong masyarakat untuk kreatif dan produktif.
c.Terciptanya undang-undang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 
20.Tiga hal tersebut di atas merupakan perwujudan dari nilai …
A.Kesamaan derajat
B.Demokrasi
C.Produktivitas
D.Keseimbangan
Rizsa Faozsiyah
Hallo, soal yang ada di blog ini dapat kalian download secara gratis dan mudah pada link yang tersedia, enjoy and happy reading!

Posting Komentar