Soal US Bahasa Indonesia Kelas 6

Posting Komentar

Berikut adalah Soal US Bahasa Indonesia Kelas 6 yang dapat kalian download file soalnya secara lengkap dengan klik link di bawah ini!



Kali ini penulis akan membagikan Soal US Bahasa Indonesia Kelas 6 untuk dapat kalian pelajari untuk menghadapi ujian nanti. Karena biasanya soal online bahasa indonesia kelas 6 yang akan diujikan tidak jauh berbeda dengan soal tahun sebelumnya. Soal online bahasa indonesia kelas 6 ini belum dilengkapi beserta kunci jawaban usbn bahasa indonesia. Semoga Soal US Bahasa Indonesia Kelas 6 ini dapat bermanfaat. Selamat belajar! Tetap semangat! Jangan lupa cek soal un bahasa indonesia kelas 6 serta soal usbn matematika sd dan kunci jawaban lainnya!

Soal US Bahasa Indonesia Kelas 6

1. Minum air putih hangat tiap pagi hari banyak manfaatnya. Air putih hangat dapat menurunkan berat badan, membersihkan saluran pencernaan. Selain itu, dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah penuaan dini. Makna kata sirkulasi pada teks tersebut adalah….
A. peredaran
B. pergantian
C. perputaran
D. perpindahan

2. Korban bencana alam sangat membutuhkan donasi dari berbagai pihak. Sinonim kata donasi pada kalimat tersebut adalah ….
A. hibah
B. bantuan
C. sedekah
D. bingkisan

3. Likuefaksi merupakan fenomena hilangnya kekakuan dan kekuatan lapisan tanah akibat getaran gempa. Fenomena tersebut mengakibatkan tanah seketika menjadi lumpur, sehingga bangunan di atasnya terseret bahkan tenggelam. Kondisi ini membuat masyarakat kehilangan harta benda bahkan sanak saudara.
Informasi yang terdapat dalam teks di atas adalah ...
A. likuefaksi terjadi karena pergeseran tanah akibat tegangan gempa bumi.
B. likuefaksi mengakibatkan masyarakat kehilangan tempat tinggal.
C. likuefaksi menjadikan tanah kehilangan kekakuan dan kekuatan.
D. tanah yang berlumpur paling berisiko terdampak likuefaksi.

4. Internet sangat bermanfaat bagi manusia. Dengan kebebasan mengakses jaringan internet kita dapat mudah mengetahui informasi di belahan dunia. Di samping sebagai media informasi , internet juga digunakan sebagai alat komunikasi bagi sebagian orang yang menggunakan aplikasi sosial media. Banyak hal yang bisa di jangkau hanya dengan sekali klik, masyarakat sangat terbantu.
 
Kalimat utama dari teks tersebut adalah….
A. masyarakat sangat terbantu dengan kemudahan ini
B. banyak hal yang dapat di jangkau hanya sekali klik
C. internet digunakan sebagai alat komunikasi
D. internet sangat bermanfaat bagi manusia

5. Belum lama ini, beberapa daerah di Indonesia mengalami bencana tanah longsor. Tanah longsor merupakan peristiwa bencana alam yang disebabkan pergerakan tanah atau batuan. Bencana ini dipicu oleh dua faktor. Faktor tersebut adalah faktor alam (gempa bumi atau curah hujan yang tinggi) dan faktor manusia. Salah satu kegiatan manusia yang memicu tanah longsor adalah kegiatan penggundulan hutan. Penggundulan hutan ini menyebabkan berkurangnya jumlah akar pepohonan yang menahan air masuk ke tanah.
Simpulan paragraf tersebut adalah fenomena tanah longsor ....
A. disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan gempa bumi
B. disebabkan oleh faktor alam dan faktor manusia
C. disebabkan tanah yang gersang
D. dipicu kegiatan manusia

6. Pemerintah berupaya membangun pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) sebagai alternatif penanggulangan sampah. Upaya pemerintah tersebut bermanfaat untuk mengurangi banyaknya sampah. Sampah dipilah dan dibakar untuk memperoleh panas yang digunakan untuk sumber pembangkit listrik. Abu sisa pembakaran dapat digunakan untuk bahan baku batako atau bahan bangunan lainnya.
Hal yang terjadi jika PLTSa tidak ada adalah….
A. Batako menjadi langka
B. Sampah semakin menumpuk
C. Tidak ada listrik di masyarakat
D. Bahan bangunan tidak tersedia

7. Perhatikan teks berikut! 
Teks 1
Emfisema merupakan penyakit kronis yang menyerang paru-paru. Kantung udara pada paru-paru menggelembung secara berlebihan dan mengalami kerusakan. Penderita akan mengalami penyempitan saluran pernapasan. Emfisema ditandai dengan batuk, berat badan turun, dan sesak napas. Penyebab utama penyakit ini adalah merokok.
Teks 2
Perokok aktif berisiko terkena penyakit kanker paru-paru. Di dalam paru-parunya, sel-sel kanker terus tumbuh tidak terkendali. Perokok aktif akan merasakan sakit ketika perkembangan kanker telah mencapai suatu tahapan tertentu. Perokok yang terkena kanker paru-paru ditandai dengan batuk, berat badan turun, dan sesak napas. 
Perbedaan kedua teks tersebut adalah ….
A. organ yang diserang
B. penyebab penyakit
C. ciri-ciri penyakit
D. tanda penyakit

8. Sebuah kapal nelayan mengalami kecelakaan di Pantai Samas. Kecelakaan terjadi pada saat kapal akan mendarat. Tiba-tiba ombak besar menghantam, sehingga kapal terbalik. Dua nelayan menjadi korban dalam kecelakaan tersebut. Paragraf tersebut termasuk paragraf ….
A. narasi
B. persuasi
C. eksposisi
D. argumentasi

9. Saat ini Tempat Pembuangan Sampah Terakhir (TPST) Piyungan sudah overload. Setiap hari TPST ini menerima kiriman sampah dari tiga kabupaten di Yogyakarta. Banyak sampah yang dikirim mencapai 5 ton/hari. Pengolahan sampah di TPST ini juga belum maksimal. Hanya beberapa persen sampah yang bisa diolah kembali. Kesimpulan dari teks tersebut adalah ...
A. Sampah di TPST Piyungan yang sudah overload belum maksimal pengolahannya.
B. Sampah yang berasal dari tiga kabupaten di Yogyakarta sangat banyak.
C. Sampah di TPST Piyungan seharusnya dipilah dan diolah.
D. TPST Piyungan menerima sampah setiap hari.

Teks 1
Pada tanggal 22 Desember 2018, tsunami telah meluluhlantahkan kawasan Selat Sunda. Bencana ini dipicu karena adanya aktivitas erupsi Gunung Anak Krakatau. Selain itu, bencana tsunami disebabkan oleh adanya gelombang tinggi. Akibat yang terjadi banyak korban yang kehilangan keluarga, sanak saudara, harta benda.
Teks 2
Gempa yang diikuti oleh gelombang tsunami di Sulawesi 28 September 2018 menyisakan duka bagi warga setempat. Peristiwa tersebut memakan korban kurang lebih 2000 korban jiwa. Selain itu, harta benda, rumah, bahkan sanak saudara menjadi korban dari peristiwa itu.
Persamaan dari kedua teks tersebut adalah … .
A. akibat dari bencana yang terjadi
B. tempat terjadinya peristiwa
C. pemicu terjadinya bencana
D. gejala bencana alam


11. Siswa kelas VI SD Suka Mandi mengikuti penilaian harian dengan KKM 80. Sita, Neno, dan Dani mendapat nilai70. Rika dan Beni mendapat nilai lebih tinggi 5 poin dari nilai KKM. Widhi dan Riko mendapat nilai 65. Jean mendapat nilai sesuai KKM. Sedangkan Nini mendapat nilai lebih rendah 5 poin dari nilai KKM.Ilustrasi tersebut disajikan dalam tabel berikut:


Isian yang tepat untuk melengkapi nomor (1); (2); dan (3) adalah....
A.  70; 75; 65
B.  70; 80; 65
C.  70; 75; 80
D.  70; 85; 65

Teks cerita untuk menjawab soal nomor 12 s.d.14.
Sahabat yang Baik
Bel istirahat berbunyi, anak-anak berlarian keluar kelas. Doni, Tino, dan Fani pun bergegas keluar kelas untuk beristirahat. Mereka menuju kantin sekolah untuk membeli makanan. Setelah menghabiskan makanan, mereka bermain petak umpet.
 Fani berjaga sedangkan Doni dan Tino bersembunyi. Doni bersembunyi di balik tanaman bunga, sedangkan Tino di belakang pohon tak jauh dari tempat Doni bersembunyi. Ketika sedang bersembunyi, Doni melihat selembar uang seratus ribu. Timbulah niat Doni untuk menyimpan uang tersebut. Doni sudah membayangkan akan membelanjakan uang itu untuk membeli benda-benda yang diinginkannya.
Tino melihat Doni tersenyum-senyum sambil memegang selembar uang seratus ribu. Tino menanyakan kepada Doni asal uang tersebut. Melihat kedua temannya bercakap-cakap, Fani pun ikut mendekat. Doni ingin menyimpan dan menggunakan uang tersebut. Mendengar penjelasan Doni, Tino dan Fani menasehati Doni.
“Tidak baik menggunakan uang yang bukan milik kita, “ kata Fani.
“ Lebih baik kita menyerahkan uang ini kepada Bu Guru, “ tambah Tino.
Akhirnya, Doni menyadari kesalahannya. Mereka bertiga menyerahkan uang tersebut kepada Bu Guru. Ternyata uang tersebut milik Pak Karman, tukang kebun sekolah. Uang Pak Karman terjatuh saat membersihkan taman. Doni berterima kasih kepada teman-temannya yang selalu mengingatkan ketika berbuat tidak baik. Doni bersyukur punya sahabat seperti Tino dan Fani.

12. Mengapa Doni ingin menyimpan uang yang ditemukannya?
Doni ingin menyimpan uang yang ditemukannya karena ….
A. akan membelanjakan uang tersebut bersama teman-temannya
B. akan membelanjakan uang itu untuk membeli kebutuhan sekolahnya
C. bersama teman-temannya akan membeli benda-benda yang diinginkannya
D. akan membelanjakan uang itu untuk membeli benda-benda yang diinginkannya

13. Latar tempat pada cerita tersebut adalah ….
A. kelas
B. taman
C. kantin
D. halaman

14. Watak tokoh Tino pada cerita tersebut adalah ….
A. jujur
B. teliti
C. cermat
D. bijaksana
 
15. Pak Warta, kakek tua, tinggal seorang diri di desa. Istrinya sudah lama meninggal. Anak-anaknya pun menetap di kota. Pak Warta mempunyai pekarangan dan ladang yang luas. Akan tetapi, pekarangan dan ladang itu kini sudah memutih. Tak satu pun anak Pak Warta peduli akan hal tersebut.
Makna kata memutih pada kalimat tersebut adalah ….
A. tanamannya mati tak terawat
B. bersih dari sampah lingkungan
C. sedikit tanaman, tanahnya kosong
D. tanamannya besar, sudah tua, dan hampir lapuk

16. Perhatikan syair berikut! 
Kita harus siap terima derita
Jika terus abaikan semesta
Karena bumi semakin renta
Jangan pikirkan perut semata
Makna kias kata perut pada syair tersebut adalah ….
A. organ tubuh
B. kebutuhan hidup
C. alat pencernaan
D. kepentingan pribadi

Bacaan untuk soal no 17 sampai 19.
Setelah pulang sekolah biasanya anak-anak suka bermain dulu. Berbeda dengan Katia, ia tidak mengenal kata bermain. Waktunya sudah habis dipakai bimbingan belajar, les vokal, dan les piano. Tidak heran Katia selalu mendapat peringkat satu. Sebenarnya Katia ingin bersendau gurau dengan temannya.
Semua aktivitas Katia diatur oleh mamanya. Mamanya berpikir bahwa memberi jadwal yang padat kepada anaknya adalah sebuah kewajiban. Karena takut, Katia selalu menuruti apa kata mamanya.
Pagi itu di sekolah Katia terlihat pucat, teman-teman Katia merasa tidak tega, mereka tidak tinggal diam. Mereka meminta Katia untuk protes kepada mamanya.
“Katia, kamu gak capek ya harus les setiap hari?” tanya Nia tiba-tiba.
“Haah…? Enggak kok. Capek dikit sih, tapi aku udah biasa…,” jawab Katia pelan.
“Iya, Tia….coba ngaca! kok mukamu pucat gitu? Pasti kecapean, kan?” sahut Diva.
Bel tanda masuk berbunyi, anak-anak menuju halaman untuk mengikuti upacara bendera. Katia bertugas menjadi pasukan paduan suara. Tidak lama berselang upacara berlangsung, Katia jatuh pingsan. Teman-temannya menjadi panik. Mereka membawa Katia ke ruang UKS. Guru menelepon orang tua Katia untuk memberitahukan kondisi putrinya.
Beberapa saat kemudian Katia sadar. Saat itu mamanya sudah di sampingnya. Mamanya sangat sedih, ia merasa bersalah dan berjanji tidak akan membuat jadwal yang sangat padat untuk Katia. Katia memang masih anak-anak masih perlu bermain riang dengan teman-temannya.
17. Kesimpulan cerita tersebut adalah …
A. Katia anak yang pintar, sehingga tidak suka bermain.
B. Mamanya sangat sedih, ia merasa bersalah kepada Katia
C. Setelah Katia sakit, Mamanya menyadari bahwa Katia masih perlu bermain.
D. Katia pingsan karena pada saat upacara bertugas menjadi pasukan paduan suara.

18. Katia jatuh pingsan sehingga teman-temanya menjadi panik.
Maksud pernyataan kalimat tersebut adalah…
A. Ketika Katia jatuh pingsan, teman-temannya menjadi bingung.
B. Katia jatuh pingsan sehingga teman-teman menjadi gelisah.
C. Teman-teman Katia merasa takut ketika Katia pingsan.
D. Teman- teman Katia menjadi cemas.

19. Bagian yang merupakan konflik pada cerita tersebut adalah …
A. Setelah pulang sekolah biasanya bersama-sama temannya suka bermain dulu.
B. Katia tidak pernah bermain karena waktunya sudah habis dipakai belajar dan beraneka les.
C. Mamanya berfikir bahwa memberi jadwal yang padat kepada anaknya adalah sebuah kewajiban.
D. Mamanya memberi Katia jadwal belajar yang padat, sedangkan Katia masih perlu bermain riang dengan teman-temannya.

Cerita ini untuk menjawab soal nomor 20
Rara dan Dara berasal dari suku yang berbeda. Rara berasal dari Manado, sedangkan Dara dari Kalimantan Barat. Mereka bertetangga dan berteman akrab. Tetangga mereka yang satu sekolah bernama Kia.
Kia tidak mau berteman dengan Rara dan Dara. Kia anaknya pendiam dan sering menyendiri. Ia merasa takut jika harus berteman dengan orang yang berbeda suku, daerah, agama, atau bahasa. Kia tidak bisa berbahasa Manado atau bahasa Dayak. Warna kulit mereka juga berbeda. Jika Rara dan Dara mendekati, Kia akan berlari menjauh.
Hari ini anak-anak mendengarkan penjelasan Bu Hafla. Negara Indonesia terdiri atas pulau, suku, bahasa, dan budaya yang beraneka ragam. Dengan keanekaragaman tersebut membuat bangsa ini kaya akan budaya. Bersatu dalam perbedaan itu sangatlah indah. Untuk menyatukan perbedaan tersebut kita bisa menggunakan bahasa Indonesia.
Setelah pembelajaran usai, Kia menyadari bahwa perbedaan akan dirinya dengan Rara dan Dara bisa ditanggulangi. Karena perbedaanlah yang akan membuat kita saling menghargai sehingga negara kita akan semakin kuat.
Kia mendekati Rara dan Dara. “Maafkanlah saya, teman-teman. Karena selama ini saya menjauhi kalian. Sekarang saya paham bahwa dengan perbedaan yang melekat pada diri kitalah yang akan membuat bangsa ini semakin kuat,” kata Kia kepada Rara dan Dara. Rara dan Dara tersenyum. Kemudian mereka merangkul Kia.
20. Amanat cerita tersebut adalah ...
A. kita harus bersatu dalam perbedaan
B. kita wajib menghargai kebudayaan
C. perbedaan akan membuat kita kaya
D. perbedaan akan membuat kita kuat
Rizsa Faozsiyah
Hallo, soal yang ada di blog ini dapat kalian download secara gratis dan mudah pada link yang tersedia, enjoy and happy reading!

Posting Komentar