Kali ini penulis akan membagikan soal bahasa indonesia kelas 9 semester 1 untuk dapat kalian pelajari untuk menghadapi ujian nanti. Karena biasanya soal bahasa indonesia kelas 9 yang akan diujikan tidak jauh berbeda dengan soal tahun sebelumnya. Untuk soal bahasa indonesia kelas 9 ini belum dilengkapi beserta kunci jawaban. Semoga soal bahasa indonesia kelas 9 semester 1 ini dapat bermanfaat. Selamat belajar! Tetap semangat! Jangan lupa cek soal bahasa indonesia kelas 9 semester 2 dan kunci jawaban kurikulum 2013 lainnya!
Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013
Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C atau D pada jawaban yang paling benar !
1. Perhatikan teks dialog berikut !
Sandi : Menurut Bapak, mengapa koperasi masih dibutuhkan pada zaman sekarang?
Aldi : Koperasi sebagai suatu gerakan perekonomian membuktikan diri dalam melawan ketidakadilan pasar. Hal ini sesuai dengan tekad koperasi membawa perekonomian bangsa Indonesia menuju pada suatu kemakmuran dalam kebersamaan
Sandi : Bagaimana tanggapan Bapak sebagai pengusaha dalam masalah ini?
Aldi : Menurut saya tidak selamanya badan-badan ekonomi yang berpijak pada pengembangan modal itu negatif. Justru lahirnya penanam modal lebih banyak memberikan masukan per kapita di negara kita. Di samping itu, dengan adanya persaingan ketat, warga Indonesia akan tertantang untuk terus berusaha yang akhirnya akan menggerakkan perekonomian kita.”
a. Membangun sistem perekonomian pasar yang kompetitif
b. Lahirnya penanam modal berdampak pada kapitalisme
c. Koperasi sebagai suatu gerakan perekonomian
d. Persaingan ketat warga Indonesia dengan pihak asing
2. Cermati dialog berikut !
Nadia : Apa kiat Ibu untuk mengajak siswa memanfaatkan perpustakaan sekolah?
Elsa : Pertama, siswa diberi pengarahan tentang manfaat perpustakaan dalam dunia pendidikan. Kedua, melengkapi koleksi perpustakaan. Ketiga, menata tempat membaca. Keempat, memberikan layanan peminjaman kepada siswa.
Nadia : Apa hasil yang diperoleh dengan program yang Ibu galakkan ?
Elsa : Banyak sekali. Salah satunya kunjungan siswa meningkat. Selain itu, diperolehnya rata-rata hasil ulangan yang memuaskan.
a. Korelasi perpustakaan dengan hasil UN yang memuaskan
b. Layanan perpustakaan bagi siswa yang membutuhkan
c. Manfaat perpustakaan sekolah dalam pembelajaran
d. Upaya meningkatkan manfaat perpustakaan sekolah
3. Perhatikan dialog berikut !
Yeni : Saya mendengar info dari Bunga, kamu ikut audisi , bahkan kamu berhasil menjadi juara pertama
Agne : (tersenyum gembira menyambut pujian itu)Betul Yen !
Yeni : [ ...] 1
Agne : Terima kasih. Kudoakan juga kamu pun sukses dalam karier.
Yeni : [ ... ] 2
a. 1) Terima kasih. Ayo kutraktir makan
2) Tapi makan bakso saja ya
b. 1) Saya gembira, tapi jangan lupa studimu
2) Bereslah, yang penting sekarang traktir nonton dulu
c. 1) Wah, jangan begitu kawan !
2) Terima kasih juga atas doamu
d. 1) Saya turut bergembira atas keberhasilanmu. Selamat ya!
2) Terima kasih juga atas doamu
4. Perhatikan dialog berikut !
Anisah : Sejak kapan Anda tertarik menjadi pendongeng ?
Indah : Saya tertarik menjadi seorang pendongeng sejak mengikuti kunjungan ke daerah korban tanah longsor. Banyak anak tak bisa sekolah, butuh hiburan. Saat itu saya coba berbagi cerita untuk menguatkan mereka. Mulai dari situ, saya tertarik menjadi pendongeng.
Anisah : Bagaimana upaya Anda mengasah kemampuan mendongeng ?
Indah : Saya terus meningkatkan porsi latihan. Saya banyak membaca cerita, dongeng. Tak lupa saya berdiskusi dengan pakar anak-anak.
Anisah : Apakah menjadi seorang pendongeng merupakan cita-cita Anda ?
Indah : Ya. Cita-cita saya lainnya adalah ingin menjadi seorang guru atau dokter anak.
a. Kita harus bisa mendongeng di depan orang lain
b. Kiat seseorang menjadi pendongeng
c. Mendongeng merupakan kegiatan mengasyikkan
d. Membantu anak-anak korban tanah longsor
5. Perhatikan ilustrasi berikut !
Beberapa siswa sedang mewawancarai pengasuh Sanggar Sastra setelah kegiatan belajar selesai. Topik yang mereka angkat tentang ”Musikalisasi puisi sebagai ajang asah kreativitas yang apresiatif”;
a. 1) Apa usaha yang Ibu lakukan untuk merangsang minat siswa dalam menyukai puisi ?
2) Seberapa jauh musikalisasi puisi dapat menjadi sarana apresiasi puisi?
3) Apa kesulitan yang dihadapi siswa dalam memusikalisasi puisi ?
b. 1) Puisi siapakah yang pantas dimusikalisasi?
2) Butuh waktu berapa lama untuk menganalisis puisi?
3) Apakah semua siswa bisa mengikuti kegiatan musikalisasi puisi?
c. 1) Apakah ada hubungan antara bakat siswa dengan bentuk kreativitasnya?
2) Mengapa musik mudah diterima oleh sebagian besar manusia?
3) Bagaimana upaya mengantisipasi kesulitan biaya dalam menjalankan program ini?
d. 1) Berapa lama program mengembangkan bakat dan minat siswa digalakkan ?
2) Bila dana yang dibutuhkan kurang mendukung bagaimana cara mengantisipasinya
3) Para siswa terbiasa dengan menonton pergelaran musikalisasi puisi ?
6. Perhatikan dialog berikut !
Dyah : Kurasa majalah dinding kita sudah tidak diperlukan lagi. Tak banyak yang mengirim naskah, sepi peminat (1).
Nanis : Ah, itu penafsiranmu, Dyah. Buktinya masih menumpuk naskah yang belum disensor dan dimuat (2).
Dyah : Ya, memang, tapi naskah-naskah itu kurang variatif, masih tulisan tangan, susah dibaca. Mestikah kita tulis ulang? Cape dong! (3)
Nanis : Memang sudah menjadi tugas kita, dewan redaksi, untuk mengeditnya (4)
Dyah : Ya, untung kalau ada perhatian dari para pembina, ini kan hampir tak ada perhatian(5)
a. (1), (2), (3)
b. (1), (3), (5)
c. (2), (3), (4)
d. (3), (4), (5)
7. Perhatikan dialog berikut !
Asih : Bagaimana dengan orang sakit, haruskah ia berolahraga?
Juani : Bagi orang yang sakit tidak disarankan berolahraga, karena kondisi tubuh tidak sehat. Namun, begitu Anda merasa sehat, mulailah berolahraga karena akan membantu Anda mempertahankan kondisi tubuh. Mulailah perlahan-lahan dan lakukan secara konsisten.
Asih : Bagi orang yang biasa sibuk dengan pekerjaan sehari-hari. Maka, biasanya tidak ada waktu berolahraga. Bagaimana dengan kasus semacam ini?
Juani : Bila kita sibuk, tidak perlu waktu berjam-jam untuk merasakan manfaat olahraga. Yang penting teratur dan porsinya cukup. Seperti berjalan kaki selama tiga puluh menit setiap hari.
a. Buat apa repot-repot berolahraga kalau memang sibuk dengan pekerjaan
b. Jangan berolahraga terlalu berat karena bisa menyebabkan sakit
c. Orang sakit perlu berolahraga yang ringan-ringan di bawah pengawasan ahli medis
d. Bagaimanapun sibuknya, sempatkan berolahraga demi kesehatan
8. Perhatikan kutipan resensi berikut !
Lukisan pada kain tersebut benar-benar bagus dan menarik. Meskipun digambar secara sederhana, lukisan tersebut dapat menghidupkan kain. Artinya warna kain yang pada dasarnya gelap menjadi cerah dengan kehadiran lukisan tersebut. Hal ini dikarenakan oleh kekontrasan pewarnaan pada lukisan dengan warna kainnya.
a. Warna kain yang gelap menjadi cerah dengan objek lukisan
b. Pewarnaan yang kontras lukisan dan warna kainnya
c. Tidak diungkapkan objek lukisan pada kain itu
d. Kalau lukisan padakain bisa cerah,bagaimana dengan kertas
9. Perhatikan kutipan resensi berikut !
(1) Pameran kerajinan tangan anak-anak tuna daksa dibuka dua hari yang lalu. (2) Meski memiliki keterbatasan fisik, tapi karya mereka tak kalah kualitasnya dengan anak-anak lain-nya. (3) Sayang sekali pameran seperti itu jarang terjadi sehingga potensi anak-anak tuna daksa kurang tersalurkan. (4) Lebih lanjut, belum adanya perhatian dari pihak yang berwenang.
a. kalimat (1)
b. kalimat (2)
c. kalimat (3)
d. kalimat (4)
10. Perhatikan teks berikut !
Festival Cimanuk yang pertama kali digelar Pemerintahan Kabupaten Indramayu dan dibuka oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, berlangsung meriah. Festival berlangsung selama satu minggu. Aneka produk kreativitas dan budaya masyarakat Indramayu diminati pengunjung. Animo pengunjung yang membludak kurang diantisipasi panitia. Area publik, tempat parkir, dan fasilitas lainnya dirasakan kurang sekali. Pelayanan pun kurang simpatik.
a. Perlu penambahan waktu dan variasi produk yang ditampilkan.
b. Ruang publik terlalu banyak dan membosankan pengunjung..
c. Gubernur semestinya memberi dukungan terhadap kegiatan itu
d. Panitia kurang memperhatikan fasilitas dan jumlah pengunjung.
11. Perhatikan iklan berikut !
Anda bosan makan di rumah?
Kini telah hadir
Menyediakan masakan Eropa, Jepang, Cina, tradisional Indonesia.
Harga murah, dijamin puas. Suasana asri, letak strategis.
Jalan Oraaspalan Gadel 212 Indramayu
a. Ika bosan makan di rumah maka RM Paduana solusinya
b. RM Paduana menyediakan masakan Jepang dan Cina
c. Masakan Eropa di RM Paduana dikenal enak dan murah
d. Pengunjung RM Paduana dijamin puas
12. Perhatikan iklan berikut !
Desember 2015
Ingin memiliki motor dengan mudah?
Promo kredit motor akhir tahun 2015
Nikmati fasilitas istimewa :
• Tanpa Uang Muka (DP)
• Cicilan ringan
• Bonus jaket dan helm
• Motor berbagai merk dan model terbaru
Harga terjangkau
Hubungi REANG Motor
Jalan Kagok Nanjak 234 Anjatan
a. Penyelenggara promo akhir tahun yaitu Reang Motor
b. Peminat kredit motor tanpa uang muka
c. Motor yang ditawarkan berbagai merk
d. Reang Motor memberi cicilan yang ringan
13. Perhatikan teks berikut !
Perkembangan teknologi informatika dalam satu dekade terakhir mengalami lonjakan luar biasa. Munculnya internet memudahkan setiap orang mendapat akses informasi. Tidak hanya sekadar berita, melalui internet orang bisa berjualan, memasang iklan, menikmati musik, dan memungkinkan individu mengetahui berbagai peristiwa secara intensif.
a. akses
individu
informatika
informasi
teknologi
b. akses
iklan
individu
intensif
internet
c. iklan
individu
informasi
intensif
internet
d. individu
informasi
intensif
internet
iklan
14. Perhatikan teks berikut !
W. S. Rendra 10,15 Morfologi 1:12,13
Fonologi 9,10 Sintaksis 2:8,9
a. Penyair W. S. Rendra dapat ditemukan pada buku sastra
b. Kata fonologi sama dengan istilah morfologi
c. W.S. Rendra dan morfologi termasuk indeks nama
d. Fonologi dan sintaksis termasuk indeks topik
15. Bacalah ilustrasi berikut !
Krs str mbl djmn cpt bs bns SIM A. Avanza, kjg, Jazz, instrktr bpnglmn, hrg mrh. Hub. Rosa Motor, Jln Kenanga 123 Anjt.
a. penjualan mobil di sebuah dealer
b. penawaran kursus menyetir mobil
c. Instruktur kursus berpengalaman
d. penawaran pembuatan SIM murah
16. Perhatikan iklan berikut !
Dibthkn sgr: Tng Wnt, bs ptg rmbt, creambath, cntk, spl, rmh.. Gj bsr. Lmrn diantar lsg, Hub. Bella Salon, Jln OE 25 Ajt 0812345678910
a. Pemasang iklan bermaksud menawarkan jasa potong rambut.
b. Penawaran gaji besar bagi wanita cantik yang mau potong rambut.
c. Bella Salon ditangani tenaga wanita cantik supel dan ramah.
d. Bella Salon membutuhkan tenaga wanita cantik, ramah yang bisa potong rambut
17. Perhatikan ilustrasi berikut !
Eno membutuhkan uang untuk tambahan modal usaha jual beli batu akik. Ia bermaksud menjual odong-odong yang biasa ia pakai. Odong-odong buatan tahun 2015 berwarna kuning itu akan dipasarkan melalui iklan baris. Pembeli dapat menghubungi HP 08987654321
a. Jl Cpt BU Odong-odong 2015 Kds mls wrn kuning Hub. Eno HP 08123456789
b. Jl Cpt Buodong-odong CBR 2015 Kds mls Wn kuning. Hubungi Eno tanpa perantara
c. Odong-odong 2015 Jl Cpt BU Kds mls Wn kuning racing Hub Eno
d. Ingin membeli odong-odong 2015? Hubungi Eno HP 08123456789
18. Perhatikan paragraf berikut !
(1) Buku ini memiliki sumber yang dapat dipercaya. (2) Perwajahannya menarik karena disertai gambar berwarna. (3) Kertas yang digunakan berkualitas tinggi. (4) Sayang, kebenaran konsepnya belum teruji. (5) Namun, upaya pemasarannya terus ditingkatkan
a. (1), (2), (3)
b. (2), (3), (4)
c. (2), (4), (5)
d. (3), (4), (5)
19. Perhatikan data buku berikut!
Judul : Kiat Sukses Bisnis Batu Akik
Penulis : Matrio Radagelo
Penerbit : PT Sukarmaju
Tebit : 2015
Tebal : 101 halaman
Keunggulan : Memotivasi pembaca untuk berbisnis batu akik
● Berdasarkan pengalaman pribadi
● Bahasa lugas dengan kalimat pendek-pendek
Kelemahan :Ilustrasi gambarnya kurang
a. Tujuan penulis buku yang tebalnya 101 halaman ini ingin membuat pembaca termotivasi berbisnis batu akik. Siapa pun yang membaca buku ini akan termotivasi karena buku ini juga dilengkapi ilustrasi gambar. Buku karya Matrio Radagelo yang diterbitkan PT Sukarmaju tahun 2015 ini perlu dibaca oleh setiap pelajar. Meskipun kalimatnya pendek-pendek, tidak menjadi masalah. Hal ini karena dukungan gambar dengan ilustrasi jelas.
b. Pembaca digiring untuk mencapai kehidupan yang sukses. Buku karangan Matrio Radagelo ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menarik. Hanya sangat disayangkan, penggunaan bahasanya pendek-pendek sehingga sulit dipahami pembaca. Meskipun begitu, buku ini laris di pasaran karena banyak yang memerlukan. Terbukti sejak terbit pertama tahu 2015, buku ini sudah berkali-kali dicetak ulang.
c. Buku yang berjudul Kiat Sukses Bisnis Batu Akik ini isinya memotivasi pembaca untuk berbisnis batu akik. Buku karya Matrio Radagelo yang diterbitkan oleh PT Sukarmaju tahun 2015 ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi. Meskipun ilustrasi gambar kurang, tetapi bahasa yang digunakan lugas. Oleh karena itu, pembaca tidak terganggu memahami isinya. Apalagi kalimat yang digunakan pendek-pendek.
d. Buku secara garis besar menjelaskan bagaimana berbisnis batu akik. Buku ini disarankan dibaca oleh mereka yang ingin berbisnis batu. Selain itu, buku yang terbit tahun 2015 ini dilengkapi ilustrasi gambar. PT Sukarmaju yang berhasil menerbitkan buku ini sungguh beruntung. Para peminat ikan nila tentu akan merasa terbantu dengan adanya buku ini. Oleh karena itu, buku ini layak dibaca meski tebalnya sampai 101 halaman.
Cermati teks berikut !Usaha meningkatkan prestasi sekolah bukan tanpa resiko dan konsekwen. Kepemimpinan yang kuat, program yang transparan, dan dukungan team kinerja yang solid. Lebih ekstrem lagi, biaya yang dikeluarkan harus sepadan dengan hasil yang dicapai.
a. transparan dan ekstrem
b. prestasi dan resiko
c. konsekwen dan team
d. program dan solid
Posting Komentar
Posting Komentar