Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 Kurikulum 2013

Posting Komentar
Berikut adalah soal uas bahasa indonesia kelas 10 semester 1 yang dapat kalian download file soal nya secara lengkap dengan klik link di bawah ini!



Pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan soal uas bahasa indonesia kelas 10 semester 1 kurikulum 2013 yang dapat kalian pelajari untuk dijadikan sebagai referensi belajar kalian. Karena biasanya soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 10 yang akan diujikan tidak akan jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk soal bahasa indonesia kelas 10 semester 1 ini belum dilengkapi beserta kunci jawaban. Semoga soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 10 dapat bermanfaat. Selamat belajar dan tetap semangat! Jangan lupa cek soal bahasa indonesia kelas 10 semester 2 lainnya!

Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 Kurikulum 2013

Pilihlah salah satu jawaban dibawah ini diantara huruf a,b,c,d yang paling benar!

1. Baca teks dibawah ini dengan seksama!
SIAK yang akan diterapkan di Jakarta uji coba dari program pemerintah pusat untuk menciptakan suatu nomor identitas tunggal untuk semua keperluan. Pengganti nomor KTP lama dengan identitas tunggal untuk semua keperluan. Pengganti nomor KTP lama dengan nomor identitas tunggal akan dilakukan secara bertahap mulai Maret sampai menunggu  terbitnya peraturan pemerintah.  
Ide pokok berita pada paragraph di atas adalah….
a. Rencana pelaksanaan SIAK
b. Pemerintah akan melakukan validasi data
c. Pernyataan gubernur tentang pelaksanaan SIAK
d. Masyarakat harus berpartisipasi dalam pillkada
e. Tidak ada pemungutan untuk biaya untuk mendapatkan nomor identitas

2. Unsur-unsur berita adalah....
a. 5W + 1H 
d. 1 H + 5W
b. 5H + 1W
e. 3W + 2H
c. 1W + 5H

3. Struktur berita yang benar adalah….
a. isi, ekor, tubuh berita, dan judul
b. judul, isi, ekor, dan tubuh beritaberhasil m
c. judul, teras berita, tubuh berita, dan ekor berita
d. tubuh, ekor, judul, dan berita utama
e. judul, tubuh, ekor, dan teras berita

4. Ketika banteng sudah berhasil menolong buaya mengangkat kayu besar yang menindih badannya ternyata buaya bertindak curang ingin memakan daging empuk yang ada di atas punggung banteng. Penggalan cerita di atas menggambarkan sifat….
a. siapa yang kuat akan menang 
b. hukum rimba yang terjadi dalam hutan
c. serakah dan  tidak tahu berterima kasih
d. hal yang wajar dalam dunia binatang
e. licik yang didorong rasa ingin menguasai

5. Berikut ini yang bukan merupakan cerita rakyat daerah dari Rokan Hulu adalah....
a. Legenda Suku Patembang
b. Asal Mula Desa Okak
c. Legenda Manggis Keramat
d. Asal Usul Sungai Batang Lubuh 
e. Batu Belah Batu Bertangkup

6. ”Sebelum acara kita mulai, saya kan memperkenalkan seorang bapak yang duduk di depan anda ini. Beliau seorang dosen muda, namun banyak pengalamannya”.
Kalimat di atas bias diucapkan seseorang pada acara….
a. Kuliah 
b. seminar
c. pidato
d. ceramah
e. di sekolah

7.Hal-hal yang tidak perlu diperhatikan dalam memberi tanggapan terhadap penampilan/ perkenalan orang lain adalah….
a.kejelasan lafal 
b.kelancaran
c.penggunaan pakaian
d. ekspresi wajah
e. Penggunaan bahasa

8.Bacalah kutipan artikel berikut!
Kehadiran TV begitu menyemarakkan dunia informasi dan hiburan  di tanah air, kita bisa memilih aneka acara yang kita senangi, akan tetapi ada satu hal yang perlu dipertanyakan. Apakah masyarakat kita sudah siap menerima sajian ini? Kerap kali kita lihat adegan kekerasan dan romantis yang terasa berlebihan. Bagi orang dewasa, tentu bukan masalah. Akan tetapi bagi anak-anak dan remaja, hal ini jadi PR bagi orang tua untuk memberikan pengertian agar mereka tidak salah menerimanya.
Judul yang tepat untuk kutipan artikel di atas adalah....
a.Dampak TV bagi Kehidupan Anak-anak dan Remaja
b.Fungsi TV bagi Anak-anak dan Remaja
c.TV Merupakan Misi Pendidikan
d.TV merupakan Hasil Nilai Pendidikan dan Kebudayaan
e.Dampak TV bagi Kehidupan Remaja

9.Isi atau pesan kutipan di atas adalah....
a.TV menyemarakkan dunia informasi dan hiburan di tanah air
b.TV menghadirkan beraneka ragam acara yang menyenangkan
c.TV banyak menyajikan adegan kekerasan dan romantis
d.Pengaruh negatif dari cara yang ditayangkan di TV bagi anak-anak da remaja
e.Anak-anak dan remaja perlu pendamping orang tua dalam menyaksikan TV

10. Baca teks dibawah ini dengan seksama!
Pagi itu aku baru makan bubur sesaat sebelum bencana tsunami datang, ibu sedang mencoba kerudung baru pemberian ayah. Ayahku bertugas di Jakarta, sedangkan aku dan ibuku menetap di Aceh. Kini aku hidup bersama ayah. Rasa luka di hari atas kehilangan ibu masih membekas hingga sekarang. Ibu hilang terseret arus. Aku dan ayah harus merelakan kepergian ibu. 
Cerita pengalaman di atas termasuk pengalaman....
a.lucu
b.bahagia
c. gembira
d. sedih   
e. menakutkan

11.Suatu hari, ketika di kendaraan umum, Aminah kehilangan dompetnya. Padahal Minah baru menerima gaji bulanan.
Penggalan cerita di atas jika diceritakan termasuk....
a.cerita sinetron
b.pengalaman unuk
c.Pengalaman lucu 
d. Kisah nyata 
e. Kisah sedih   

12.Berikut ini yang bukan tujuan dari membaca cepat adalah....
a.Menemukan materi-materi tertentu secara tepat.
b.Menemukan gagasan umum dan materi yang dibaca.
c.Untuk mendapatkan tulisan dan bacaan.
d.Untuk memahami informasi dan bacaan secara cepat dan mudah.
e.Untuk mengetahui keseluruhan isi bacaan dan membuat kesimpulan.

13.Baca teks dibawah ini dengan seksama!
(1) Sukabumi, Kompas sebanyak 17 Kecamatan. 
(2) Kesulitan mengirimkan data hasilPerhitungan suara pemilih di kabupaten Sukabumi. 
(3) Hal ini disebabkan sistem komputerisasi di daerah tersebut tidak berjalan. 
(4) Akibatnya, pengiriman data  hasil penghitungan suara ke Komisi Pemilhan Umum terlambat. 
Kalimat yang berupa fakta  dalam paragraph di atas adalah….
a.1
b. 2
c. 3
d.1 dan 2
e. 2 dan 3 

14.Sebelum menyesali, sebaiknya kau pikirkan  dulu untung ruginya usaha itu. Pernyataan berikut termasuk opini yan berisi ....
a.Pendapat
b.Pertimbangan   
c. saran
d. Pemikiran
e. Gagasan

15.Bacalah wacana ini dengan seksama!
Zaman informasi yang menyediakan digitalisasi telah mengubah secara drastis tradisi belajar dari tradisi lisan ke tradisi cetak dan sekarang menjadi tradisi digital. Para siswatidak lagi tergantung pada penjelasan guru atau membaca buku dengan halaman yang terbatas. Para murid sekarang sudah dapat mengakses beragam informasi, yang jauh lebih lengkap daripada buku dan layer monitor computer. Citra pelajar saat ini tidak lagi ditandai dengan penenggelaman ke para dalam buku. Citra umum para pelajar saat ini adalah mengotak-atik laptop di area- area yang ada di saluran Wi-fi. 
Ide pokok paragraph tersebut adalah….
a.Perubahan tradisi belajar dari lisan ke tradisi digital.
b.Zamanebu informasi menyediakan fasilitas digital.
c.Kepiawaian para murid untuk mengakses informasi dari layer computer
d.Era digital menyediakan ragam informasi yang lebih lengkap.
e.Para murid Tidak bergantung pada penjelasan guru.

16.Tanggapan positif yang paling tepat untuk merespon fakta pada paragraph no 15 adalah….
a.Perubahan itu adalah amanat yag harus disambut dengan sikap pisitif, kritis dan terbuka.
b.Perubahan itu harus diwaspadai karena dampaknya akan merusak rasa kemanusiaan anak.
c.Perubahan itu wajar di area informasi, tidak usah dirisaukan, biarlah mengalir apa adanya.
d.Perubahan itu suatu keharusan, perubahan itu adalah fenomena alam yang tidak isah dirisaukan.
e.Perubahan ituasyarakat bahwa sangat mengkhawatirkan karena akan meruntuhkan budaya dan etika.

17.Telepon genggam sudah banyak dimiliki masyarakat bahwa dalam sebuah               
Keluarga,hampir semua anggota keluarga memilikinya.Disamping sudah merupakan alat komunikasi yang muda dibawa,pengoperasian teleponpun tidak sulit dan harga terjangkabarang karena hal tersebut.ditambah munculnyavariasi variasi bentuk,merek dan model baru.oleh sebab itu,sekarang barang-barang tersebut sudah dianggap bukan barang mewah lagi.paragraf di atas adalah Pola pengembangan ….
a.Eksposisi
b.Narasi 
c.Deskripsi
d.Argumentasi
e.Persuasi

18.Bacalah teks dibawah ini dengan seksama!
Dibagian inidi ketengahan  hasil studi Bank Dunia (The word Bank,1992) tentang kemampuan membaca Sekolah Dasar diseluruh dunia.Sample yang diambil Indonesia sebanyak 3.169 siswa dari 176 sekolah dasar di empat provinsi.Karangan negativ,eksposisi dan argumentasi digunakan sebagai alat ukur kempuan membaca mereka itu. 
Paragraf si atas dikembangkan dengan pola....
a.Narasi 
d.Argumentasi
b.Deskripsi     
e.Persuasi
c.Eksposisi

19.Bacalah teks dibawah ini dengan seksama!
Rumah keluarga Ahmad terletak di daerah Caper, Klaten. Seperti rumah-rumah daerah caper dan umumnya, rumah Pak Ahmad pun berhalaman luas dan sangat teduh. Bila kita masuk kerumahnya, serasa memasuki ruang pamer kendraan berat, karena diruang itu terdapat mobil kun, helicopter, trailer dan kereta api. Akan tetapi  anda tak perlu heran, sebab semua jenis kendaraan itu hanyalah mainan anakanak yang terbuat dari kayu, dan ukuran nya hanya seperlima puluh dari barang aslinya. Pak Ahmad memang perajin mainan anak-anak dari kayu bubut (Nova,13/11/1990). 
Paragraf diatas termasuk jenis karangan.... 
a. Argumentasi
b. Persuasi
c. Narasi     
d. Eksposisi
e. Deskripsi   

20.Cermatilah kalimat-kalimat berikut.
1)Ditengah kngnya kemungkaran baru itu jumlah kaum tertindas (Mustadi’arin) baru terus meningkat dan kualitas tertindasnyapun bertambah                                                              
2) Kita berada dibawah tekanan kemungkaran-kemungkaran baru 
3) Bahkan kemungkaran itu bisa hadir dalam negara     
4)Kemungkaran itu dapat hadir dalam diri pribadi kita, dalam keluarga dalam masyarakat 
5) Lebih dari itu, kemungkaran dapat hadir atas nama Negara 
Urutkan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf yang padu....
a 2), 4), 3),5), dan 1)
b. 4), 1), 3), 2)  dan 5)
c. 4), 1), 3), 5), dan 2)
d. 4), 1), 5), 2), dan 3)
e. 5), 2), 3), 4),  dan 1) 
Rizsa Faozsiyah
Hallo, soal yang ada di blog ini dapat kalian download secara gratis dan mudah pada link yang tersedia, enjoy and happy reading!

Posting Komentar